Tidak Mudah Terhasut

Tidak Mudah Terhasut

Tidak Mudah Terhasut

Kita tentu ingat akan Salomo yang dikenal sebagai salah satu raja paling berhikmat yang pernah ada. Dalam masa pemerintahannya, ia mendapat banyak kasus untuk diselesaikan, salah satunya adalah masalah dua orang wanita yang memperebutkan seorang bayi. Bisa saja dia langsung percaya kepada salah seorang wanita tersebut, namun bisa saja hal itu menjadi sebuah kesalahan besar yang membawa kehancuran dan penyesalan pada dirinya. Ia mempertimbangkan kasus tersebut dengan sangat bijaksana, ia tidak mudah terhasut hanya dengan mendengar cerita atau melihat keadaan, ia juga tidak terpengaruh oleh pihak manapun. Dan akhirnya, Salomo mengambil tindakan dan memberi keputusan terbaik.

Pernahkah kita dengan mudah membenci orang lain hanya melalui cerita yang dibagikan kepada kita atau melalui informasi yang beredar yang belum pasti kebenarannya? Sharing pengalaman merupakan hal menyenangkan untuk sebagian besar orang, namun melalui hal ini tidak jarang cara pandang kita ikut terpengaruh oleh pengalaman yang dialami orang lain. Akses informasi yang semakin mudah juga mampu meningkatkan kesimpangsiuran sebuah kabar, sehingga kita perlu hikmat dalam menerimanya, menyikapinya, dan menyebarkannya. Sikap yang tidak mudah terhasut juga menunjukkan kasih dan keadilan, yang harus kita pegang dalam mengambil keputusan dan menjalankannya.

Bukalah hati dan pikiran kita seluas mungkin agar dapat mempertimbangkan segala sesuatu dengan bijak. Terimalah saran dan informasi dari berbagai arah, timbanglah dalam hati dan pikiran, ambillah yang baik dan buang yang tidak baik. Milikilah keteguhan hati untuk melihat orang lain dengan penuh hikmat dan tidak mudah terhasut dengan hal-hal yang kurang baik dan belum pasti kebenarannya. Jadikanlah Allah sebagai benteng pertahanan dan perlindungan, agar hidup kita tetap aman dari pengaruh jahat yang menghancurkan. Mintalah pada Allah agar kita dimampukan memandang dan mengasihi orang lain seperti Allah memandang dan mengasihi mereka.

Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Mazmur 51:12

Bagikan Artikel:

Tags: , , ,


youtube

youtube

youtube

youtube

Motivasi Terkini
Jesus
You might also likeclose