Tidak akan Dibuang

Tidak akan Dibuang
Tidak akan Dibuang

Seorang pemahat sedang berjalan ketika melihat sebatang balok kayu yang tergeletak di pinggir jalan. Ia mengambil balok itu, mengamatinya, dan berpikir ia bisa memakai balok itu untuk membuat sesuatu yang bagus. Maka ia membawanya pulang dan mulai memahatnya menjadi bentuk singa yang sangat bagus. Ia lihat di sekitarnya, masih ada sisa-sisa balok yang cukup besar. Kemudian menjadikan sisa balok itu menjadi bentuk seekor elang untuk menemani pahatan singa tadi. Ia hendak mengambil sapu untuk menyapu sisa-sisa pahatan. Tapi, ia kembali berhenti dan memandang beberapa sisa-sisa kayu kecil di lantai. Ia mengambil dan memahatnya kembali menjadi bentuk seekor tikus yang lucu. Sekarang tidak ada lagi sisa kayu yang terbuang.

Tuhan pun sama seperti itu, Ia adalah Pemahat yang ahli, yang mampu menjadikan berharga bahkan dari sesuatu yang amat hina sekalipun. Apakah kita sudah terlanjur terjerumus ke dalam dosa dan merasa tidak dapat keluar dari sana? Merasa tidak ada harapan untuk diri bisa berubah lagi? Atau mungkin kita mengalami luka yang dalam dan sudah tidak bisa disembuhkan lagi? Kita tersakiti dan hancur sampai tidak bisa membuka hati lagi? Berada dalam masalah yang seperti tidak bisa diperbaiki lagi? Mungkin ada kesalahan masa lalu yang selalu mengganggu pikiran kita? Apakah kita sedang merasa hidup ini tidak berharga? Hari ini Yesus mengulurkan tangan-Nya untuk mengangkat kita. Ia membersihkan dari debu dosa, menyembuhkan dari segala kesakitan yang kita alami, dan membentuk hidup kita menjadi lebih indah dan berharga. Ia tidak akan membuang siapapun yang datang pada-Nya.

Tidak ada yang diciptakan Allah dengan sia-sia, semua bisa dipakai menjadi luar biasa. Kita yang penuh dosa, kelemahan, dipandang hina di mata manusia adalah wadah bagi Tuhan untuk menyatakan kuasa-Nya. Hidup kita ibarat sebuah balok di tangan sang pemahat. Meskipun balok itu tidak terpakai dan tidak menarik, tetap dapat dibentuk menjadi indah. Meskipun balok itu sudah hancur dan menjadi potongan-potongan kecil, tetap dapat dibentuk menjadi berharga. Datanglah pada-Nya, Tuhan tidak akan pernah membuang kita, bagaimana pun keadaan kita.

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.

Yohanes 6:37

Bagikan Artikel: