Tetap Fokus

Tetap Fokus
Tetap Fokus

Hidup sebagai orang Kristen tidak mudah. Bukan berarti ketika kita sudah menjadi Kristen dan menerima Yesus Kristus sebagai juruselamat akan membuat hidup kita bebas dari masalah dan penderitaan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang Kristen yang lari kepada Tuhan hanya ketika dirundung masalah. Itu bukanlah hal yang salah karena seringkali masalah yang datang justru mendekatkan kita kepada Tuhan akan tetapi akan lebih baik jika kita tetap mendekatkan diri kepada Tuhan di dalam keadaan susah maupun senang.

Kita harus rela memikul salib. Seringkali banyak orang yang berpikir bahwa mereka sedang memikul salib, “Saat ini saya sedang memikul salib. Kuliah saya tidak kunjung selesai.” Kata seorang gadis. Lalu ketika ditanyakan apa penyebabnya, ternyata dia lebih memilih lebih banyak jalan-jalan. “Saya dipecat dari pekerjaan saya, mungkin ini salib yang harus saya pikul.” Kata seorang pria. Selidik punya selidik ternyata pria tersebut sering terlambat dan bolos kerja hanya karena malas bangun pagi. Banyak orang berpikir dengan pemikiran yang keliru tentang hal memikul salib. Memikul salib artinya menjadikan Kristus sebagai yang paling utama dan jika perlu mengorbankan hal-hal paling penting dalam kehidupan kita dan bersedia tetap taat kepada Tuhan apapun yang terjadi dan harus rela melepaskan diri dari ikatan-ikatan duniawi.

Jikalau kita mengikut Yesus sambil memikul beban, kita bisa menjadi fokus. Tetapi jika kita tidak memiliki beban, kita akan mudah tergoda dan terhanyut oleh banyak hal di sekitar kita. Banyak orang yang menjadi Kristen dengan hati yang tulus namun mulai tergoda di tengah jalan karena tidak mau memikul beban. Beban hidup bisa menjadi pengingat atau alarm yang berguna untuk membangunkan kita dari iman kita yang tertidur. Memang tidak mudah ketika beban hidup mulai menghampiri tetapi tetaplah kuat dan kembali kepada Tuhan dan kembali fokus untuk memperbaiki diri, kehidupan kita dan hubungan kita dengan Tuhan. Jangan takut, karena Tuhan senantiasa menyertai dan menolong kita.

Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut aku.”

Lukas 9:23

Bagikan Artikel: