Terkenang Masa Lalu

Terkenang Masa Lalu
Terkenang Masa Lalu

Dalam sebuah perjalanan, maka akan ada kerikil-kerikil yang menjadi penghambat. Tak jarang kerikil-kerikil itu pada akhirnya membuat membuat kita terjatuh. Hal yang sesungguhnya kecil namun dapat membawa malapetaka dalam kehidupan manusia.

Masa lalu yang begitu buruk merupakan salah satu kerikil hidup. Jika kita masih memelihara kekecewaan masa lalu, maka akan membuat hati kita semakin membusuk. Semakin kita larut dalam kecewa, maka api harapan yang ada akan terpadamkan.

Jadikan pengalaman masa lalu untuk kita lebih bisa belajar untuk menjadi baik. Saat kita dikecewakan, maka kita harus bisa belajar untuk mengampuni. Saat di masa lalu, tak kunjung mendapatkan jawaban, maka kita harus bisa belajar untuk bersabar. Saat di masa lalu kita mengalami kegagalan, maka kita bisa belajar untuk bisa bangkit di atas harapan.

Lupakanlah hal-hal di masa lalu yang membuat kita semakin terpuruk. Kita tidaklah hidup di masa lalu dan kita juga tidak bisa mengubah masa lalu. Lakukan apa yang terbaik hari ini untuk kita bisa menuai apa yang baik di masa depan.

Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Amsal 23:18

Bagikan Artikel: