Teladan Seorang Guru

Wajar saja jika guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, karena setiap detail kehidupannya menjadi teladan bagi murid-muridnya. Yesus sebagai guru agung memberikan teladan yang sempurna bagi kita untuk dapat kita tiru sebagai seorang murid. Yesus bukan hanya memtransformasikan informasi dan ajaran-Nya kepada kita, melainkan memberikan contoh dan teladan yang baik. Ketika Yesus mengajar tentang kasih, Ia bukan hanya mengajar saja melainkan Ia mempraktikkannya di depan murid-murid. Ia mulai menunjukkan kasih dengan melayani murid-murid-Nya –membasuh kaki mereka. Ia menyembuhkan orang yang datang dari segala macam penyakit. Ia memperhatikan setiap keluhan orang-orang yang berseru kepada-Nya. Kasih-Nya dilakukan dengan tulus hati, agar murid-murid dapat belajar melalui kehidupan-Nya.

Sebagai murid, apa yang sudah kita contoh dari kehidupan Yesus? Apakah kita sudah mempraktikkan kasih kepada sesama kita? Apakah kita sudah mampu melayani orang lain? Jika kita mengaku sebagai murid Kristus, kita harus mampu menunjukkan kasih kita melalui perbuatan-perbuatan kita seperti yang telah Yesus lakukan dan teladankan kepada kita. Mari terus meneladani Yesus dan terus berusaha menjadi serupa dengan Dia.

Cukuplah bagi seorang murid jika ia menjadi sama dengan gurunya dan bagi seorang hamba jika ia menjadi sama dengan tuannya.
Matius 10:25

Bagikan Artikel: