Tanda-tanda Kelahiran Baru

Sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Ini adalah percakapan Tuhan Yesus ketika dengan Nikodemus, seorang pemuka agama Yahudi dan termasuk dalam kelompok orang Farisi. Kelahiran baru yang dimaksudkan adalah kelahiran dalam Roh Kudus. Ada beberapa tanda seseorang telah dilahirkan kembali dalam Roh Kudus yaitu: memiliki iman yang benar di dalam Yesus Kristus, iman yang menghasilkan berbuah, Iman yang menghasilkan hidup yang tidak berdosa, hidup dalam damai dengan Allah, memiliki pengharapan akan kehidupan yang kekal, memiliki sukacita yang tak terlukiskan, hidup dalam kasih kepada Allah dan sesama dan hidup dalam ketaatan total yang memiliki keinginan untuk menjadi sama dengan kehendak-Nya.

Hendaknya ke delapan ciri tersebut dimiliki oleh kita yang mengaku sudah mengalami kelahiran baru. Nah, untuk dapat memiliki ke delapan ciri tersebut, kita harus bergantung penuh kepada Allah dan bimbingan Roh Kudus, karena dengan kekuatan kita sebagai manusia kita tidak akan mampu. Kebergantungan kita kepada Allah menentukan keberhasilan kita menjadi manusia baru yang sungguh menyenangkan hati Allah. Selamat menjadi manusia baru.

Yesus menjawab, katanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.
Yohanes 3:8

Bagikan Artikel: