Tak Dapat Dihindari

Salah satu pergumulan yang tidak dapat kita hindari adalah kehilangan orang yang kita kasihi. Kematian membuat kita mengalami dukacita karena terpisah dengan seseorang yang berarti dalam hidup ini. Tanpa kita sadari, perpisahan dan dukacita menantang kita untuk tahan uji dan bertekun dalam hidup. Sebab dukacita kadangkala menjadi sarana Tuhan untuk membentuk pribadi kita menjadi lebih baik dalam iman, lebih menghargai keberadaan seseorang dalam hidup kita. Kematian seseorang juga menantang kita untuk belajar menerima kehendak Tuhan meskipun berbeda dengan keinginan kita.

Ketika mengalami masa-masa seperti ini, hendaknya kita berfokus pada Tuhan. Mempercayai Tuhan bahwa apa yang Tuhan perbuat dalam hidup ini adalah yang terbaik. Lihatlah kebaikan-kebaikan yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita sehingga kita bukan hanya fokus kepada dukacita saja. Dan tetaplah percaya bahwa pemeliharaan Tuhan tetap bagi kita meskipun orang yang kita kasihi tak lagi bisa bersama dengan kita.

saudara-saudaraku, anggaplah sebagai sebuah kebahagian, apabila kamu jatuh dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
Yakobus 1:2-3

Bagikan Artikel: