Shema

Pendidikan kepada generasi berikutnya adalah suatu hal yang penting untuk menjaga kelangsungan iman umat Israel. Generasi yang tidak tahu atau mengalami sendiri peristiwa besar yang dilakukan Tuhan kepada umat-Nya membutuhkan penerangan dan pengenalan untuk membuat mereka tahu, mengerti dan percaya kepada-Nya. Ini akan menjadi generasi baru yang tetap taat dan mengasihi Allah.

Itulah sebabnya shema yang diajarkan secara  berulang-ulang akan terpatri dengan baik di dalan hati seseorang dan membuatnya menjadi Yahudi yang militant dan mengerti betul apa yang menjadi esensi dari hukum Taurat. Sampai sekarang pun shema telah menjadi bagian dari kehidupan orang Israel sejak masa kecil.

Bukan hanya orang Israel, shema yang diajarkan secara berulang-ulang harusnya menjadi sebuah gaya hidup dalam keluarga Kristen, agar generasi Kristen menjadi generasi yang militan dalam iman mereka kepada Tuhan. Karena itu sebagai orang tua, guru atau pengajar jangan pernah lelah mengajarkan ketetapan-ketetapan Tuhan kepada anak-anak kita.

Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anakanakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.
Ulangan 6: 6-7

Bagikan Artikel: