Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya. Mendidik anak untuk mempunyai iman dalam Tuhan berarti mengajarkan mereka untuk mempunyai iman dalam Tuhan, bukan untuk hidup saat ini saja melainkan untuk kehidupan kekal. Tuhan telah menetapkan satu patokan hidup yang berbeda dengan dunia ini. Sejak dini orang tua harus mendidik anak untuk mengevaluasi apa yang mereka inginkan dan rasakan dengan firman Tuhan sebagai patokan atau standar Allah. Pilihan yang mereka pilih akan menentukan keselamatan mereka. Tuhan telah mengirimkan Roh Kudus sebagai penolong untuk mengingatkan anak-anak kita bahwa dunia hanya menawarkan dan memberikan kepuasan sementara, sedangkan Allah membawa kita kepada kepuasan yang abadi.

Itulah sebabnya orang tua harus dengan sungguh-sungguh mengajarkan iman Kristen kepada anak-anak, agar mereka dapat memilih dan mengambil keputusan yang bijak untuk keselamatan mereka. Selalu gunakan firman Tuhan untuk menilai dan mengajar anak-anak. Sebab standar dunia akan berubah seiring zaman ini, tetapi firman Tuhan tinggal kekal.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu”
Amsal 22:6