Saat Segala Sesuatu Sulit Dipahami

Sulit Dipahami
Sulit Dipahami

Banyak hal terjadi di dalam hidup kita yang kadang terasa sulit untuk dipahami. Saat satu masalah belum selesai, masalah lain sudah datang menghampiri. Kalau kita membayangkan berapa banyak yang menghantam kita dari berbagai sisi, masalah dalam keluarga, sakit penyakit, segala kekurangan dan keterbatasan, semua itu terasa jauh lebih besar dan berat dari kekuatan yang kita miliki. Dan kita mungkin saja membayangkan semua beban itu memberatkan bahu kita sampai kita merasa sulit bergerak. Atau saat kita ingin membuat pilihan dan mengambil keputusan, namun semua pilihan terlihat sama-sama membingungkan.

Pada kenyataannya, kita memang tidak harus memahami semua yang terjadi. Banyak rencana Tuhan yang tidak mampu kita pahami dengan akal pikiran kita. Seperti yang tertulis pada Yesaya 55:9, “Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” Kita hanya akan kebingungan, ketakutan, dan khawatir jika kita hanya mengandalkan pikiran dan kekuatan sendiri.

Datanglah pada Tuhan, mintalah pengertian dari-Nya agar kita semakin dikuatkan menghadapi kondisi yang sering membingungkan. Mintalah hikmat kebijaksanaan agar kita mampu mengambil keputusan tentang mana pilihan yang terbaik buat hidup kita dan yang berkenan pada-Nya. Berilah ruang pada kuasa-Nya yang tidak terbatas, agar apapun rencana Tuhan yang saat ini tidak kita pahami kelak dapat kita lihat dan menjadi nyata dalam hidup kita. Ingatlah selalu kepada Tuhan, maka Ia akan menunjukkan jalan, memberi kekuatan, dan memulihkan keadaan kita.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

Yesaya 55:3

Bagikan Artikel: