Saat Menerima Kritik

Saat Menerima Kritik
Saat Menerima Kritik

Kita tentu pernah menerima kritik atas berbagai hal dalam hidup seperti cara pandang, cara hidup, sikap, dan hasil pekerjaan. Bisa saja karena memang ada yang kurang dan perlu diperbaiki dalam hal-hal tersebut. Namun ternyata, bahkan jika kita sudah memberikan yang terbaik yang bisa kita lakukan, kritik mungkin saja masih tetap ada. Saat kita diberi tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu tugas, setelah berjuang dengan sangat keras, memberi yang terbaik, dan mengorbankan banyak hal agar tugas itu bisa selesai tepat waktu dan memberi hasil terbaik, masih saja ada kritik, ejekan dan komentar yang seolah-olah tidak mempertimbangkan usaha atau berusaha mengkerdilkan semangat kita.

Kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang, kita tidak bisa mengendalikan bagaimana respon orang lain atas segala sesuatunya, dan tidak bisa mengharapkan respon baik dari semua orang, yang bisa kita lakukan hanya memberi yang terbaik sesuai kemampuan kita. Namun beberapa kritik dapat menjadi sesuatu yang berguna. Dengarkan kritik jika itu dapat memberi tambahan motivasi dan semangat yang baru, terima kritik sebagai pelajaran jika itu dapat memberi kita ilmu dan sudut pandang yang baru, namun abaikan kritik jika itu hanya ingin menjatuhkan kita.

Saat menerima kritik, kita tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk membalas kritik tersebut. Kita tidak perlu marah, sakit hati apalagi putus harapan. Kita bisa datang kepada Tuhan, karena Ia selalu memperhatikan segala sesuatu yang terjadi pada kita dan Ia sanggup menolong kita. Mintalah pada-Nya kebijaksanaan agar kita sanggup memilah mana kritik yang membangun dan mana yang menghancurkan, supaya kita dapat memperbaiki pekerjaan kita menjadi lebih baik dan menghindarkan pekerjaan kita dari hal-hal yang kurang baik. Tuhan melihat setiap usaha yang kita berikan dan Ia sangat memperhitungkannya. Tuhan juga mempersiapkan hasil terbaik untuk segala usaha terbaik kita. Percayalah, segala jerih payah kita di dalam Tuhan tidak akan sia-sia, tetaplah fokus untuk memberikan usaha terbaik.

Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan.

Amsal 23:12

Bagikan Artikel: