Rencana Tuhan yang Terbaik

Rencana Terbaik

Rencana Terbaik

Pada awal tahun kita pasti telah merumuskan resolusi apa saja yang ingin kita capai di tahun ini. Berbagai rencana untuk mewujudkan pencapaian yang hebat mungkin sudah kita rancang di dalam benak masing-masing. Banyak harapan yang kita bawa kepada Tuhan untuk kehidupan di tahun yang lebih baik. Dan sekarang satu bulan telah berlalu, lantas bagaimana dengan rencana-rencana tersebut? Apakah sudah ada yang terealisasi? Atau kita masih diam di tempat yang sama, belum bergerak dan belum menerima apa-apa? Atau justru kita bergerak ke arah yang berlawanan dari rencana itu karena disebabkan oleh berbagai hal?

Rencana yang kita buat saat ini adalah tujuan yang ingin kita capai dan hal terbaik yang mampu kita bayangkan dan diharapkan dapat terjadi. Kita harus menyadari bahwa rencana itu masih dibatasi oleh pikiran dan kemampuan kita. Namun rencana Tuhan tidak terbatas oleh apapun. Dan Ayub meyakini hal itu dengan sungguh, “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal (Ayub 42:2).” Tuhan sanggup melakukan hal yang menurut kita mustahil.

Rencana Tuhan adalah rencana yang lebih baik dibandingkan rencana kita dan rencana terbaik dibandingkan semua kemungkinan yang ada. Tuhan tidak membuat kita menunggu untuk hal yang tidak berguna. Penantian kita dalam segala bidang seperti studi, pekerjaan, pasangan hidup, kesembuhan, dikaruniai anak, dan hubungan dengan sesama, tidak akan sia-sia. Tidak salah jika kita merencanakan banyak hal dalam hidup, karena itu menunjukkan tanggung jawab kita atas kesempatan yang telah diberikan Tuhan. Namun kurang tepat jika kita memaksakan rencana itu terjadi tepat seperti apa yang kita bayangkan. Tuhan akan membantu kita mewujudkannya bahkan akan lebih indah dari yang kita bayangkan jika kita mau membawa semua pada Tuhan dan membiarkan-Nya memilah sesuai kehendak-Nya.

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Yeremia 29:11

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , , ,

You might also likeclose