Pola Hidup (Lifestyle)

Lifestyle tidak hanya mencakup saat-saat bekerja atau bersekolah. Lifestyle mencakup keseluruhan hidup kita dari pagi hingga malam hari. Ketika kita belajar tentang Daniel dan ketiga orang temannya. Sebelum ia dipakai oleh raja, mereka dipersiapkan terlebih dahulu oleh Allah. Perlu kita ketahui lifestyle Babel tidak terlalu rendah meskipun liar. Mereka memiliki otak yang pandai, fisik yang kuat, dan kekuatan militer yang besar sehingga mereka sangat ditakuti oleh bangsa-bangsa lain. Daniel dan teman-temannya menolak lifestyle Babel untuk merubah semua sikap dan pikirannya. Ia dan teman-temannya mempertahankan lifestyle hidup yang berkenan kepada Allah, dan hasilnya sungguh di luar dugaan. Dikatakan mereka 10 kali lebih pintar dibandingkan dengan orang-orang pintar yang ada di Babel. Karena lifestyle itu jugalah Daniel mendapatkan kasih dan jabatan yang penting dalam kerajaan.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa hidup berbeda dengan dunia bukanlah hal yang merugikan. Mungkin awalnya sepertimya akan merugikan kita, namun ketika kita sabar dengan ujian tersebut maka kita akan menerima hasil yang sungguh memuaskan yang telah Tuhan sediakan bagi kita. Tuhan menginginkan kita memiliki gaya hidup atau lifestyle yang berbeda dengan dunia ini, yaitu lifestyle yang menyenangkan hati Tuhan, yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Roma 12:2 (TB)

Bagikan Artikel: