Pertumbuhan yang Seimbang

Allah menciptakan manusia dengan sempurna yang terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Allah mau ketiganya bertumbuh secara bersama-sama dengan sempurna dan baik. Namun pada kenyataannya dalam menjalani kehidupan ini tanpa sadar kita sering mengabaikan kebutuhan roh dan lebih fokus kepada kebutuhan tubuh dan jiwa. Itulah sebabnya sebagai orang tua rohani, Paulus mengingatkan kepada Timotius untuk membangun rohnya dengan benar, sesuai dengan pokok-pokok iman, melalui pengajaran yang sehat, dengan tidak mendengarkan cerita-cerita takhayul. Mendengar cerita takhayul seeringkali terasa mengasyikkan, tanpa sadar hal itu akan memperngaruhi alam bawah sadar kita, dan akan mempengaruhi iman kita. Itulah sebabnya dibanding mendengarkan cerita takhayul sebaiknya kita melatih dengan cara menyediakan waktu untuk bersaat teduh dengan Tuhan, membaca dan merenungkan firman Tuhan, menaikan doa-doa syafaat dan doa pribadi kepada Allah. Kelihatannya latihan ini sederhana, namun ketika kita melakukannya dengan konsisten hasilnya akan luar biasa.

Oleh karena itu, mari kita menguatkan roh kita dengan melakukan latihan rohani setiap hari agar iman kita tetap kuat. Sama seperti ketika berolahraga untuk pertama kali pasti semua bagian tubuh akan terasa sakit, namun ketika kita secara konsisten melakukannya rasa sakit itu menghilang dan tubuh akan terasa segar. Demikian juga yang terjadi dengan roh kita, mungkin awalnya kita membutuhkan perjuangan ketika melakukan latihan rohani tersebut, namun pada akhirnya kita akan melihat hasil yang luar biasa.

Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini.
1 Timotius 4:6

Bagikan Artikel: