Perintah Tuhan Jelas

Sejak pertama kali, Tuhan memberikan kebenaran firman-Nya dengan begitu murni serta informasi yang benar tanpa diputar-putar. Tuhan memerintahkan manusia untuk hidup bersosialisasi, menguasai, mengelola, dan mengembangkan bumi. Jika kita menerima informasi yang benar maka seharusnya membawa seluruh pemikiran kita kepada hal yang benar. Namun kenyataannya manusia justru tidak menghargai dan mereka memilih untuk hidup di dalam komunitas yang palsu dan melanggar dari esensi komunitas yang sesungguhnya. Sebuah relasi yang indah seharusnya didalamnya terdapat ikatan pada pusat dan esensi dasar daripada relasi tersebut, yaitu kebenaran Tuhan. Selain itu unsur-unsur yang mengikat dari sebuah interaksi adalah kasih, keadilan dan kebenaran. Itulah esensi dari sosialisasi atau relasi yang ingin Allah bangun. Manusia memilih jalannya sendiri kemudian jatuh dalam dosa dan itu mengakibatkan tatanan manusia menjadi rusak bahkan hancur. Karenanya manusia selalu di isi dengan kecurigaan, ketidakcocokan, prasangka, serta menganggap segala sesuatu yang benar menjadi negatif akhirnya tidak ada lagi hubungan yang indah.

Namun kematian Yesus di kayu salib telah memulihkan relasi yang telah hancur tersebut. Itulah sebabnya dalam setiap relasi yang kita bangun harus mendasarkan di atas kebenaran firman Tuhan, libatkan Tuhan dalam setiap relasi yang akan kita bangun. Sebab jika tidak demikian maka kita hanya menjalin relasi yang sia-sia, yang pada akhirnya akan muncul kecurigaan, ketidakcocokan, prasangka dan apa yang terjadi di dalam relasi tersebut akan menjurus kepada hal-hal yang negatif. Karena mari kita bangun setiap relasi dengan melibatkan Allah di dalamnya. Ingatlah juga bahwa Allah memiliki posisi di atas segala relasi yang kita bangun, jangan pernah mengesampingkan Tuhan dan menganggap siapa pun lebih dari Allah.

Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan–Ku dan korban sajian–Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak–anakmu lebih dari pada–Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat–Ku Israel?
1 Samuel 1:29

Bagikan Artikel: