Percantik Manusia Batiniahmu

Sudah menjadi rahasia umum, jika wanita identik dengan salon, berdandan, fashion dan perawatan. Perempuan mampu berjam-jam di depan cermin untuk memoles wajahnya sedemikian rupa agar menjadi lebih cantik, bahkan ia rela merogoh uang yang cukup besar untuk mempercantik penampilan dengan fashion terbaru.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu, sah-sah saja. Namun, yang lebih penting dari sekedar penampilan lahiriah adalah penampilan batiniah kita. Kita malu jika tidak terlihat cantik dan menarik saat datang ke gereja. Tapi pernahkah  kita malu ketika datang ke gereja namun kita tidak intim dengan Tuhan dan jarang membaca firman Tuhan? Seharusnya inilah yang jadi fokus utama orang percaya, yaitu penampilan batiniah kita.

Batiniah adalah segala sesuatu yang terdapat dalam hati; sesuatu yang menyangkut jiwa dan perasaan. Sesuatu yang tersembunyi, tidak terlihat dengan mata jasmaniah kita, namun nampak jelas di hadapan Tuhan.

Bagaimana dengan kita, apakah penampilan batiniah kita secantik tampilan lahiriah kita? Jika belum, mari kita mendandani tampilan batiniah kita yang kelak akan bersinar di hadapan Tuhan. Dandani dengan sifat kelemahlembutan, ketulusan, kepedulian, suka damai dan miliki hati yang menaruh segala pengharapan kepada Tuhan. Sebab pengharapan selalu  berkaitan dengan iman dan rasa percaya kepada Tuhan.          

Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah. Tetapi perhiasanmu ialah manusia yang batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.
1 Petrus 3:3

Bagikan Artikel: