Penyembah Allah

Selanjutnya status kita sebagai warga negara Kerajaan Allah adalah penyembah Allah. Berbicara tentang penyembah Kitab Yohanes menyatakan bahwa akan tiba saatnya dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran. Melalui nats ini kita bisa belajar tentang penyembahan. Penyembahan adalah ketundukan dan penyerahan sepenuhnya kepada Tuhan dengan ketaatan kepada Firman-Nya dan sungguh-sungguh mengasihi-Nya. Penyembahan juga harus dilakukan menurut kebenaran Bapa yang dinyatakan dalam Yesus dan diterima oleh Roh Kudus. Karena itulah penyembahan yang kita lakukan harus sesuai dengan kebenaran firman Allah. Allah adalah Roh, karena itu kita harus menyembah-Nya dengan atau dalam roh. Sebab hanya rohlah yang membuat kita bisa bersekutu dengan Allah. Penyembahan dalam roh adalah penyembahan yang dilakukan dari dalam hati yang sungguh-sungguh karena mengasihi Allah. Sedangkan menyembah dalam kebenaran, kebenaran di sini berbicara tentang sifat ciri dan sifat Allah. Jadi Penyembah Allah harus dengan kekudusan dan kebenaran firman Allah.

Karena sebagai penyembah Allah kita harus menjadi penyembah yang benar, yang menyembah dalam roh dan kebenaran. Kita adalah orang-orang yang dipanggil untuk menyembah Allah. Biarlah hidup kita ini kita pakai untuk menyembah-Nya, bukan hanya sekedar menyembah melalui mulut saja tetapi melalui totalitas hidup kita.

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah yang demikian.
Yohanes 4:23

Bagikan Artikel: