Orang Kristen

Status kita lainnya sebagai warga negara Kerajaan Allah adalah orang Kristen. Pertama kali sebutan “Kristen” ditunjukkan kepada orang-orang percaya, yaitu murid-murid Yesus. Arti dari kata “Kristen” adalah “Pengikut Kristus” artinya orang kristen adalah orang-orang yang percaya kepada Kristus dan mengikuti Kristus atau sama seperti Kristus. Percaya kepada Kristus berarti menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Mengikuti berarti percaya dan melakukan setiap firman dan ajaran-Nya (Injil) sampai akhir hidup kita. Orang-orang Kristen dapat dikenali dari cara hidupnya yaitu orang yang mampu menyangkal diri, memikul salib dan setia mengikut Kristus, cara hidupnya sama dengan cara hidup Yesus, dan tahan menderita sebagaimana Yesus juga tahan menderita sampai akhirnya. Sebagai orang Kristen kita juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberitakan Kristen kepada orang lain, menjadi terang dan menjadi garam dunia.

Karena itu jika kita menyebut diri kita orang Kristen tapi kita tidak bisa menyangkal diri kita, memikul salib dan mengikuti Yesus, kita tidak layak disebut orang Kristen. Menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus berbicara tentang penderitaan. Kita harus rela menyalibkan keinginan-keinginan kita di bawah keinginan Yesus, tahan menderita karena mempertahankan iman, dan tetap setia menjadi pengikut-Nya. Mari kita juga menjalankan tugas dan tanggung jawab kita, sebab kedatangan Tuhan semakin dekat. Firman Tuhan harus didengar oleh semua orang.

Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
Kisah Para Rasul 11:26

Bagikan Artikel: