Mulailah dengan Kebaikan Kecil

Kebaikan Kecil
Kebaikan Kecil

Kita sering hanya fokus pada perkara yang besar dan melupakan potongan-potongan kecil yang penting. Kita ingin mendapat kesempatan besar, tapi menyepelekan perkara kecil. Kita ingin melakukan hal yang besar dan hebat, tapi tidak bersedia mengawalinya dengan langkah kecil. Banyak orang bermimpi untuk mengubah dunia, tetapi ia lupa mengubah dirinya sendiri. Padahal kita tidak perlu menunggu kesempatan untuk melakukan kebaikan yang besar jika setiap saat kita bisa gunakan kesempatan untuk kebaikan-kebaikan kecil.

Mulailah dari diri sendiri, dari hal yang paling kecil, dan mulailah dari sekarang. Bayangkan, bagaimana jika sebuah kecelakaan beruntun yang menewaskan banyak orang dapat dihindari hanya karena seseorang rela menunggu lampu merah yang menyala tinggal 10 detik lagi. Atau seseorang yang membatalkan niatnya bunuh diri hanya karena membaca komentar orang-orang di sosial media yang selalu mensupportnya. Mungkin itu kelihatan seperti adegan di film-film, namun hal-hal seperti itu benar-benar terjadi di kehidupan kita.

Janganlah jemu berbuat baik, manfaatkan waktu yang kita punya untuk melakukan kebaikan walau kelihatan kecil sekalipun. Seperti mengucapkan terima kasih, merangkul atau memberi pelukan, menjadi pendengar yang baik, dan berbagi kata-kata sederhana yang memotivasi. Bukan tidak mungkin kebaikan kecil yang kita lakukan itu membawa dampak yang sangat penting buat kehidupan orang lain. Karena itu mulailah dengan melakukan kebaikan kecil dari diri sendiri sehingga keluarga, masyarakat, negara bahkan dunia yang kita tempati menjadi lebih baik.

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Galatia 6:9

Bagikan Artikel: