Menjadi Sabar

Kesabaran adalah tahan menanggung perlakuan buruk dari orang lain tanpa menjadi marah dan berusaha melakukan pembalasan. Orang lain mungkin akan berusaha membuat kita marah. Tetapi buah Roh ini menolong kita untuk tetap bergembira dan mengampuni bahkan di bawah keadaan yang paling sulit sekalipun. Kita kita memperhatikan, buah Roh selalu bekerja bersama-sama. Kasih memungkinkan kita untuk penuh sukacita dan bersikap sabar terhadap orang-orang ketika dunia mengatakan bahwa orang-orang tersebut patut dihukum. Kesabaran menolong kita untuk tetap kuat dalam situasi yang bagaimana pun, semenjengkelkan apa pun perilaku orang terhadap kita. Itulah sebabnya Alkitab terus mengingatkan kita untuk hidup dalam Roh dan menghasilkan buah Roh, sebab buah Roh sangat mempengaruhi perilaku kita.

Jadi bukti bahwa kita memiliki buah Roh kesabaran adalah k etika kita sanggup merasa tidak marah dan sanggup untuk mengampuni ketika orang lain memperlakukan kita dengan buruk. Ciri kita memiliki buah Roh kesabaran ketika kita mampu untuk tetap bergembira di kala keadaan kita sulit. Karena itu mari kita terus hidup dalam Roh, agar kita tidak menjadi lemah ketika ada orang-orang disekeliling kita, yang seakan membuat kesabaran kita diambang batas. Tetap kuat di dalam Tuhan.

Hai suadara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini; setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan keselamatan di hadapan Allah.
Yakobus 1:19

Bagikan Artikel: