Menjadi Bagian dari Perubahan

Menjadi Bagian dari Perubahan
Menjadi Bagian dari Perubahan

Perubahan itu pasti dan harus terjadi. Dalam bidang teknologi informasi, mode, norma, atau gaya hidup banyak mengalami perubahan drastis. Segala sesuatu pasti mengalami perubahan dan semua orang harus berubah, mereka yang tidak mau berubah akan tergilas jaman dan tertinggal di belakang, khususnya dalam penggunaan teknologi informasi. Namun perubahan itu punya nilai positif dan negatif, ada perubahan yang membangun dan ada yang menghancurkan. Misalnya, jika dulu dianggap jauh dan terbatas, sekarang semua orang bisa merasa dekat di manapun berada. Atau, apa yang dulu dianggap sopan dan biasa, sekarang kelihatan aneh dan ketinggalan jaman.

Perubahan dan perkembangan itu bukan sesuatu yang harus ditakuti atau dihindari. Karena sangat banyak keuntungan dan kemudahan yang kita peroleh dari penemuan-penemuan baru yang tiada henti dalam berbagai bidang dan juga membuat pekerjaan kita menjadi lebih efektif dan efisien. Namun bukan pula untuk dipuja-puji atau dituhankan. Karena banyak hal yang dapat menghancurkan hidup kita dan merusak hubungan kita dengan Allah maupun dengan sesama.

Perubahan dan perkembangan saat ini, mau tidak mau, siap tidak siap, kita akan terlibat di dalamnya. Sebagai pengikut Kristus kita juga tidak boleh berhenti untuk belajar, berkembang, dan berinovasi. Perubahan ke arah yang lebih baik itu jelas diperlukan. Bukan menghindari apalagi menolak, karena perubahan dan perkembangan bukan sesuatu yang salah, selama itu tidak melenceng dari jalan Tuhan. Sebelum menerimanya kita harus memilah, mana yang membangun dan mana yang menghancurkan. Perlu kebijaksanaan dalam menyikapi perubahan dan perkembangan sekarang ini, agar kita tahu mana yang benar dan sesuai dengan kehendak Allah.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Roma 12:2

Bagikan Artikel: