Menguji Segala Sesuatu

Menguji Segala Sesuatu
Menguji Segala Sesuatu

Setiap saat kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang akan kita ambil dalam menjalani hidup ini. Kita diberi waktu dan kesempatan untuk melakukan banyak hal, mulai dari hal kecil sampai hal besar, hal yang sepele sampai yang penting. Apa saja yang akan kita lakukan hari ini, siapa saja yang akan kita temui hari ini, ke mana saja kita akan pergi hari ini, dan apa rencana-rencana kita seharian dan hari-hari berikutnya. Semua itu ada dalam kumpulan aktivitas yang mempengaruhi hidup kita secara keseluruhan bukan hanya hari ini tapi juga di masa depan.

Namun di antara semua keputusan yang kita buat tentu kita harus membuat pertimbangan terlebih dahulu. Tuhan memberi kita kebebasan untuk memilih dan kita juga diberi akal untuk mempertimbangkan. Mana yang sifatnya mendesak yang harus segera dikerjakan dan mana yang bisa menunggu, atau mana yang menyenangkan orang lain dan merugikan orang lain. Dan firman Tuhan adalah standar yang kita gunakan untuk menguji segala sesuatu itu baik atau tidak.

Dalam 1 Korintus 6:12 dikatakan, “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.” Dengan mengujinya sesuai dengan pandangan Tuhan, maka kita akan memahami mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Rencana-rencana mana yang menyenangkan Tuhan dan tidak merugikan orang lain. Apa yang baik dan berkenan bagi Tuhan, itulah standar kita dalam mempertimbangkan keputusan yang harus kita ambil.

Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

1 Tesalonika 5:21

Bagikan Artikel: