Mengikut Yesus

Mengikut Yesus diartikan sebagai menjadi murid Kristus dengan meneladani-Nya, menjadi pengikut-Nya dengan melakukan perintah dan ajaran-Nya. Sebagai seorang murid, harus menyatakan kehidupan yang meneladani Tuhan Yesus dengan bertingkah laku sesuai dengan teladan-Nya, bekerja dengan benar dan menderita karena-Nya. Keteladanan Yesus dapat dilihat dari karakter Yesus yang memiliki kepatuhan kepada kehendak Tuhan, dipenuhi oleh Roh Kudus, melayani orang lain dengan tidak mementingkan diri sendiri, penuh kesabaran dan sanggup menghadapi penderitaan. Kehidupan Yesus juga adalah kehidupan yang dipenuhi oleh buah Roh. Untuk menjadi murid atau pengikut-Nya kita harus berjalan sama seperti Dia berjalan. Sebab sebagaimana Yesus hidup demikianlah pengikut-Nya harus hidup.

Oleh karena itu, mengikut Yesus bukanlah perkara mudah dan gampang. Mengikut Yesus berarti siap untuk melakukan segala perintah dan larangan-Nya, bekerja dengan benar di dunia yang tidak benar, dan sanggup untuk menderita dalam mempertahankan iman kepada Yesus. Mari kita terus belajar untuk meneladani hidup Yesus sehingga kita hidup sama seperti Yesus hidup. Akan banyak tantangan dan penderitaan yang kita alami, tapi percayalah tangan Tuhan tidak akan pernah melepaskan hidup kita dan kita akan diberi kekuatan baru setiap hari agar kita sempurna seperti Dia adalah sempurna.

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku”
Matius 16:24

Bagikan Artikel: