Menghormati Orang Tua

Menghormati Orang Tua
Menghormati Orang Tua

Peristiwa mengharukan terlihat ketika Khanittha Phasaeng dinobatkan sebagai Miss Thailand, Miss Uncensored News Thailand 2015. Dengan mengenakan mahkotanya, ia mencium kaki ibunya yang tengah berada di depan deretan tempat sampah. Ia memang berasal dari keluarga yang miskin dan orang tuanya tidak mampu menyekolahkannya ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Orang tuanya berpisah saat ia masih kecil dan ibunya harus banting tulang sendirian bekerja sebagai pemulung untuk membesarkannya. Namun di balik kekurangan tersebut, ibunya mendidik dengan baik sehingga ia tumbuh menjadi gadis yang pintar, cantik dan berbakti. Ia mengatakan tidak pernah malu dengan ibunya, yang membesarkannya sendiri di tengah tumpukan sampah.

Dalam Kolose 3:20 dikatakan, “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.” Menghormati orang tua adalah sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan. Dengan melakukan apa yang mereka perintahkan dan mengingat nasihat-nasihat mereka. Hormatilah mereka melalui perbuatan dan perkataan dan ampuni segala kesalahan yang mungkin mereka lakukan karena mereka juga manusia biasa yang tidak luput dari dosa.

Orang tua kita telah mengorbankan banyak waktu, materi, tenaga, kesehatan, bahkan hidup mereka untuk kita anak-anaknya. Kebahagiaan, kesehatan, kesuksesan, dan panjang umur adalah hal-hal yang paling mereka inginkan untuk kehidupan kita. Kita bisa berada di posisi saat ini adalah tidak lepas dari perjuangan dan doa-doa mereka selama ini. Balaslah segala kebaikan dan pengorbanan mereka, berikan waktu dan perhatian terlebih ketika usia mereka sudah lanjut. Dan yang paling penting selalu bawa mereka di dalam doa agar Allah senantiasa memberi kebahagiaan, kekuatan, dan kesehatan dalam hidup mereka dan kebijakan untuk selalu membimbing kita anak-anaknya.

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Keluaran 20:12

Bagikan Artikel: