Menghitung Berkat

Menghitung Berkat
Menghitung Berkat

Ada kalanya kita gagal melihat berkat atau kebaikan Tuhan dalam kondisi tertentu. Mungkin kita membuat standar bahwa berkat Tuhan itu harus terlihat besar dan luar biasa. Lantas jika tidak melihat perkara-perkara yang ajaib seperti itu, kita akan mengeluh dan lupa bersyukur. Padahal berkat Tuhan tidak hanya hal-hal yang kelihatan besar saja, melainkan hal-hal kecil dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari juga sering berperan penting dalam menyempurnakan hidup kita.

Jangan pernah merasa bahwa kita kurang diberkati atau Tuhan pilih kasih dalam memberi. Karena berkat Tuhan selalu hadir dalam berbagai bentuk dan berbagai cara yang tidak dapat kita perhitungkan. Kita diberi kesempatan bertemu dengan orang-orang baik, menerima banyak kebaikan, menikmati banyak hal dan mampu melakukan banyak hal. Tidak terhitung berapa banyak berkat Tuhan dalam hidup kita, terlalu besar jumlahnya jika kita hitung satu persatu. Dan jika kita membuka hati untuk berusaha mengerti Tuhan, maka kita akan terkagum-kagum dengan kebaikan-Nya yang berlimpah.

Di penghujung tahun 2017 ini marilah kita merenung sejenak atas berkat Tuhan yang melimpah dalam hari-hari kita dan penyertaan Tuhan yang selalu mengiringi jalan kita sampai hari ini. Daripada mengingat masalah dan kesulitan yang kita alami, cobalah menghitung berkat dan sukacita yang telah kita terima selama ini. Karena jika kita melihat lebih dalam lagi, kita akan takjub dengan banyaknya berkat yang seringkali tidak kita sadari.

Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.

Mazmur 40:6

Bagikan Artikel: