Mengendalikan Hati

Sam terkenal dengan lukisannya yang bagus. Selama duduk di bangku sekolah, banyak teman-teman yang meminta untuk diajarinya melukis. Tiba-tiba ada murid baru yang ternyata memiliki kelebihan seperti Sam. Bukannya senang, Sam justru menaruh dengki padanya.

Sifat Sam berubah, yang dulu rendah hati menjadi sombong. Setiap kali bertemu dengan murid baru, Sam selalu menghinanya. Akhirnya Sam pun kehilangan banyak teman. Keahliannya dalam melukispun sekarang tak ada gunanya. Hasil karya Sam memang baik tapi tidak dengan hatinya.

Tidak cukup hanya dengan mengendalikan langkah kaki dan tangan untuk bertahan hidup di dunia. Tangan bisa bekerja, menghasilkan karya yang disukai banyak orang. Namun semua itu akan sia-sia jika hati tidak bekerja dengan baik.

Hati yang tidak dikendalikan hanya akan merusak apa yang telah kita capai selama ini. Jika kita tidak bisa memandang segala hal dengan kasih, secara tidak sadar telah memerintah pikiran untuk berbuat jahat. Pikiran itulah yang akhirnya terlahir sebagai tingkah laku dan tutur kata yang tidak berkenan di hadapan Allah.

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Amsal 4:23

Bagikan Artikel Ini :

Tags: , ,

You might also likeclose