Mengalahkan Kejahatan

Siapa yang tidak kenal dengan Superman, Spiderman, atau Batman? Hampir semua orang, khususnya anak-anak, pasti mengenal tokoh-tokoh itu. Walaupun mereka hanyalah tokoh fiksi semata yang digambarkan dengan karakter yang berbeda-beda dan memiliki kekuatan yang berbeda pula, namun mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama berjuang untuk mengalahkan kejahatan dengan menggunakan kekuatan supernya. Kesamaan lain yang dimiliki oleh hampir semua film bertema superhero yaitu mereka akan mengakhirinya dengan kemenangan setelah melawan kejahatan. Kebenaran akan selalu menang di dalam film dan di dalam kehidupan pun akan seperti itu meskipun harus didahului dengan pengorbanan dan perjuangan terlebih dahulu.

Hal-hal jahat yang berasal dari iblis selalu berusaha masuk ke dalam diri setiap orang termasuk diri kita sendiri. Namun Allah memberi kita kekuatan untuk mengalahkannya dan melakukan yang benar di hadapan Allah. Dengan berpegang kepada apa yang baik dan melakukan apa yang baik bagi orang lain. Kita harus terlebih dahulu menolak keinginan yang bertentangan dengan kehendak Allah di dalam diri kita masing-masing agar dapat mengalahkan yang jahat di luar sana, yang bisa muncul dimana saja, di rumah, di tempat kita bekerja, di pusat perbelanjaan, di dalam angkutan umum, atau di tengah perjalanan.

Allah telah mengalahkan dosa dan maut melalui kematian Yesus di kayu salib. Yesus telah memenangkan kita dari hukuman kematian sehingga kita tidak boleh lagi tunduk pada rencana-rencana si jahat. Kita memiliki perisai untuk menolaknya dan kita dapat memperoleh kekuatan dari Allah untuk mengalahkannya. Kita bisa saling menopang dengan talenta masing-masing dan menutupi kelemahan satu dengan yang lain. Dan kita bisa berbagi kasih dan kekuatan dengan orang lain untuk bersama-sama menjalani hidup dan melakukan yang baik bagi semua orang seperti yang Tuhan kehendaki.

Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

Roma 12:9

Bagikan Artikel: