Menerima Potensi Diri

Setiap orang diciptakan Allah sebagai pribadi yang unik, disertai dengan hal-hal yang besar yang memang menjadi miliknya. Karena itu orang yang mau menerima diri sendiri akan melihat potensi di dalam dirinya, dan akan memungkinkan untuk bisa bertahan menghadapi masalah besar. Sebab penerimaan diri akan memunculkan sebuah perasaan berharga yang mengarah pada hal-hal positif bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang di sekitarnya.

Seseorang yang memiliki hubungan yang baik dengan dirinya sendiri akan mengerti posisinya di hadapan Allah. Seseorang yang mampu mengenali dirinya sendiri akan memiliki kekuatan untuk mengerti apa yang dilakukannya, memiliki sikap percaya diri, memiliki harapan akan masa depan, memiliki ketenangan  pikiran dan keselarasan. Kekuatan  yang  timbul  akan membantunya   menyadari   makna   dan   tujuan   hidup.

Ketika menyadari betapa Tuhan telah menjadikan setiap kita dengan segala keunikan dan potensi masing-masing, maka kembangkanlah potensi tersebut dengan sebaik-baiknya. Gunakan setiap kekuatan yang Tuhan anugerahkan untuk meraih segala yang kita impikan dan secara khusus milikilah tujuan hidup yang sesuai dengan tujuan Allah.

Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.
Mazmur 8 :4-5

Bagikan Artikel: