Mendidik dengan Kasih

Mendidik dengan Kasih

Mendidik dengan Kasih

Betapa bahagianya ketika Tuhan mengaruniakan seorang anak untuk sebuah keluarga. Tidak dapat dipungkiri jika kehadiran seorang anak sangatlah berarti bagi para orangtua. Karena begitu berharganya kehadiran seorang anak, maka Tuhan memberikan tugas bagi orang tua, yaitu mendidik anaknya.

Salah satu hal yang harus dilakukan orang tua adalah tekun mendoakan anaknya. Orang tua tidak akan pernah mengetahui apa yang akan dihadapi anaknya di hari mendatang. Karena itulah, orang tua harus menyerahkan anaknya kepada Tuhan melalui doa.

Orang tua juga harus mau memperhatikan dan mengajak anaknya untuk terbuka. Sudah sepatutnya orang tua terus memperhatikan anaknya. Jika orang tua melihat anaknya sedang bersedih atau merasa ada yang salah dengannya, maka orang tua harus mau dengan sabar untuk mendekati dan mengajak anaknya untuk bercerita tentang apa yang sedang dialminya. Setelah mengetahui masalah apa yang sedang dialami anaknya, orang tua harus memberikan pengarahan untuk menyelesaikan masalah tersebut menggunakan kata-kata dan cara yang dapat diterima oleh anak.

Orang tua juga harus menjadi contoh yang baik bagi anaknya. Seorang anak akan selalu memperhatikan setiap perilaku orang tuanya. Jika orang tua ingin anaknya taat kepada Tuhan, maka orang tua harus memberi contoh supaya si anak menjadi mengerti bagaimana caranya untuk hidup taat pada Tuhan.

Tidak selamanya orang tua dapat menemani dan memberi nasihat kepada anaknya. Oleh karena itu, orang tua harus membuat anaknya mengerti bagaimana caranya hidup dengan benar terutama di hadapan Tuhan. Memang, Tuhan ingin orang tua tegas saat anaknya melakukan kesalahan, tetapi bukan berarti orang tua harus menghukum berat anaknya, melainkan buatlah anak mengerti dengan cara yang penuh kasih.

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Amsal 29:17

Bagikan Artikel:

Tags: , , ,


youtube

youtube

youtube

youtube

Motivasi Terkini
Jesus
You might also likeclose