Membawa Diri Lebih Dekat dengan Allah

Mungkin kita pernah melihat acara televisi yang diisi dengan konsep dimana orang-orang yang kehidupannya lebih baik menjalani kehidupan orang lain yang jauh berbeda dengan keadaannya selama ini. Misalnya mereka ditempatkan di desa dan harus bekerja di sawah, atau harus membersihkan rumah, mengurus anak, menjadi penyapu jalan, berjualan, dsb. Tujuannya sama, yaitu agar mereka tahu bagaimana rasanya menjadi orang yang diperankan, dalam pekerjaan dan kehidupannya sehari-hari. Dengan begitu mereka bisa lebih berempati, bisa membantu meringankan beban, dan memenangkan hati orang yang diperankan.

Lebih dari 2000 tahun yang lalu Yesus juga telah turun ke dunia untuk memenangkan hidup kita dari dosa. Allah telah menjadi manusia, Ia tinggal di tengah-tengah manusia, dan menjalani kehidupan layaknya manusia. Ia ingin dekat dengan kita dan menjadi sama seperti kita. Ia harus merasakan haus, lapar, bahkan sampai mati disalibkan. Semua yang telah Allah lakukan melalui anak-Nya, Yesus Kristus, dimaksudkan agar kita percaya kepada-Nya, agar kabar sukacita yang Ia bawa dapat kita terima. Seperti juga Paulus yang dalam pelayanannya pada orang-orang Yahudi, ia hidup seperti mereka agar ia dapat membawa mereka lebih mengenal Allah (1 Kor. 9:20-23).

Dalam hidup kita sehari-hari, kita pun memiliki banyak kesempatan untuk memenangkan orang lain. Menunjukkan kasih yang telah kita terima dari Allah dan membagikannya dengan yang lain. Menunjukkan pertolongan yang kita terima dari Allah dan kemudian menolong mereka. Kehadiran kita dalam hidup orang lain merupakan kesempatan besar untuk menyatakan kasih dan kuasa Allah kepada mereka. Karena saat kita menjadi bagian dalam hidupnya, kita akan lebih mudah memperkenalkan Kristus kepadanya. Kemana pun kita pergi Allah selalu memberi kita kesempatan untuk membagikan kabar sukacita kepada orang lain dan membawa mereka lebih dekat kepada Allah. Sudahkah kita memakai kesempatan itu?

Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.

1 Korintus 9:19

Bagikan Artikel: