Membangun Rasa Empati

Langkah pertama untuk membangun rasa empati pada  orang lain adalah dengan memperhatikan kesejahteraan  orang lain dengan tulus. Kita dapat melakukan hal ini dengan meluangkan waktu untuk mengetahui bagaimanakah keadaan orang lain, kadang-kadang  dengan cara sederhana seperti mendengarkan kisah-kisah yang mereka ceritakan. Langkah berikutnya adalah  dengan belajar untuk siap sedia membantu orang lain  dalam keadaan apa pun yang mereka hadapi. Apabila  keadaannya berlangsung baik, hadirlah bersama  untuk saling berbagi sukacita. Saat mereka menderita, temanilah mereka dan berduka bersama-sama mereka. Yang seringkali dapat mengangkat hati mereka adalah kehadiran kita, bukan apa yang kita ucapkan.

Lalu bagaimana dengan kita selama ini, apakah kita sudah membangun empati kita kepada orang lain ataukah kita hanya peduli dengan diri kita sendiri dan kita selalu menuntut orang lain untuk memperhatikan kita, namun kita lupa untuk memberi diri memperhatikan kesejahteraan orang lain. Mari kita merubah mindset kita, ingatlah bahwa Tuhan ingin kita menjadi saluran berkat bagi orang lain. Bukan hanya hal-hal yang berhubungan dengan materi tetapi juga berhubungan dengan emosi manusia. Karena jangan selalu mengharapkan menerima sesuatu melainkan belajar untuk memberi, sebab tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
1 Korintus 12:26 (TB)

Bagikan Artikel: