Melihat yang Tak Terlihat

Yang Tak Terlihat
Yang Tak Terlihat

Pernahkah kita berada dalam sebuah ruangan saat lampu tiba-tiba padam? Lantas bagaimana reaksi kita? Sebagian dari kita mungkin akan kebingungan atau bahkan ketakutan. Perlahan-lahan kita akan mencoba meraba sekitar, mencoba mencari jalan atau memastikan benda-benda di sekitar kita, dan mata akan mencoba menyesuaikan dengan keadaan gelap untuk mengenali orang-orang di sekitar. Dan dalam kondisi demikian yang pertama kali kita cari adalah sumber penerang, lilin, senter, atau lampu emergency untuk membantu penglihatan kita dalam keadaan gelap.

Begitu juga dengan kondisi hidup kita saat tidak mengetahui bagaimana masa depan kita kemudian hari dan tidak yakin dengan hari esok. Kita mencoba meraba bagaimana keadaan, mencari tahu mana jalan yang tepat, dan sibuk mencari tahu pilihan mana yang terbaik untuk hidup kita. Dan dalam keadaan demikian yang harus kita cari pertama kali adalah sumber terang yaitu Allah. Karena hanya terang dari Allah sajalah yang sanggup membantu kita melihat sesuatu yang belum terlihat, mengeluarkan kita dari kebingungan, membantu menunjukkan jalan, dan membantu kita memahami kondisi yang sedang terjadi yang terkadang di luar pemahaman kita manusia.

Tuhan tidak sekalipun membiarkan kita berjalan dalam kebingungan, Ia akan menetapkan langkah kita dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Jika kita mau membuka hati, membiarkan Tuhan mengambil kendali, dan percaya dengan iman yang pasti, maka kita akan melihat walau semuanya belum terlihat. Kita akan melihat janji-janji-Nya, melihat masa depan yang penuh sukacita, melihat hari esok yang penuh harapan, meski semua itu belum nyata saat ini. Tuhan akan memantapkan langkah kita atas perjalanan yang belum kelihatan ujungnya, Tuhan akan menguatkan hati kita atas keputusan yang belum tampak hasilnya, dan Tuhan akan memenuhi hati kita dengan sukacita atas peristiwa yang belum dapat kita terima kenyataannya. Saat kita merasa sedang berada dalam kebimbangan dan kegelapan, datanglah pada Tuhan, Ia akan membantu kita melihat segala sesuatu dengan iman dan harapan walau semuanya belum terlihat dengan jelas di mata dunia.

Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.

2 Korintus 5:7

Bagikan Artikel: