Melihat dengan Jelas

Bagi orang-orang yang memiliki gangguan pada mata yang berpengaruh pada kemampuan pengelihatan, keberadaan alat bantu seperti kacamata menjadi sangat penting. Hanya dengan bantuan alat itulah pandangan yang tadinya kabur atau berbayang dapat menjadi jelas. Namun saat digunakan, hendaknya kacamata tersebut juga harus dalam keadaan bersih dan cocok ukurannya agar proses melihat dapat lebih maksimal. Karena kaca yang kabur akan menghasilkan pandangan yang kabur, sehingga gambaran yang kita lihat tidak jelas dan lengkap.

Hidup kita yang telah jatuh ke dalam dosa juga sama seperti mata yang sudah memiliki gangguan pengelihatan. Pandangan kita terhadap sekitar penuh dengan keterbatasan, kita sering terjatuh dan salah mengambil keputusan, atau kita tidak dapat melihat suatu peristiwa dengan pandangan yang benar. Pada saat itulah Yesus hadir untuk mengobati dan melengkapi kekurangan tersebut. Ia memperbaiki pandangan kita akan segala sesuatu dan senantiasa mengarahkan kita pada jalan yang menuju kehidupan. Ia menjadi satu-satunya yang kita butuhkan agar cara pandang kita terhadap kehidupan ini menjadi benar.

Untuk membantu kita dapat melihat dan menjalani hidup dengan benar, kita harus datang kepada Allah dan membawa hidup kita untuk diarahkan-Nya. Kita dapat mengambil sikap dan keputusan yang benar atas berbagai permasalahan yang ada, hanya saat kita memandang dengan cara Allah memandangnya. Membaca semakin banyak firman saat kehidupan kita semakin terpuruk, datang semakin dekat kepada Allah saat kekuatan kita semakin habis, dan semakin percaya kepada Allah saat kita diusik berbagai keraguan. Hanya dengan cara seperti itulah penglihatan kita yang kabur dapat diperjelas oleh kuasa-Nya. Allah adalah satu-satunya yang dapat membuat kita melihat dengan jelas. Datanglah pada-Nya agar kita tahu membedakan mana jalan yang baik dan sesuai dengan kehendak-Nya.

Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu.

Mazmur 34:6

Bagikan Artikel: