Melakukan yang Terbaik

Dalam buku Outliers yang ditulis oleh Malcolm Gladwell dijelaskan bahwa kesuksesan adalah rangkaian dari latihan dan praktek berkepanjangan untuk mencapai impian dan cita-cita. Malcolm Gladwell melakukan penelitian terhadap orang-orang yang sukses dalam kehidupan mereka setelah berlatih selama 10.000 jam yang menjadikan mereka seorang ahli dalam bidangnya. Contohnya para pesepakbola profesional, yang tidak hanya ditentukan bakat alami saja tetapi juga latihan keras dan disiplin setiap hari. Mereka berlatih berlari, menendang, menggiring dan lainnya sejak pagi hingga sore, waktu berjam-jam mereka habiskan untuk melatih kemampuan. Dan saat mereka berusia menjelang 20-an tahun, mereka telah siap sebagai seorang pesepakbola profesional.

Tuhan telah memberikan kita masing-masing talenta dan bakat pribadi yang berbeda satu dengan lainnya. Bakat itu kita terima untuk dilatih dan dipakai semaksimal mungkin untuk hidup kita, orang lain, dan terutama untuk Tuhan. Talenta yang diberikan Tuhan harus dimaksimalkan dengan kerja keras dan latihan sebagai bentuk syukur atas pemberian-Nya. Kita akan menjadi lebih layak dan lebih berkompeten ketika kita sudah menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dalam bidang yang kita pilih masing-masing. Kita akan mendapat banyak pelajaran untuk meningkatkan karir dan prestasi saat kita menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dan berusaha.

Perjuangan yang kita lakukan saat ini mungkin harus menyita energi, materi, dan waktu yang kita miliki. Perjalanan yang kita lewati saat ini mungkin memaksa kita merasakan lelah, kekecewaan, dan harus mencucurkan air mata. Namun sesungguhnya Tuhan sedang mengasah hidup kita untuk menjadi lebih indah dan mempersiapkan kita untuk berkat yang lebih besar. Dalam 1 Timotius 4:10 dikatakan, “Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.” Tuhan ingin agar kita senantiasa berdoa meminta yang terbaik dan juga berusaha melakukan yang terbaik semampu kita, dengan tetap menyerahkan pada Tuhan hasil akhirnya. Latihan membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih sempurna dan kerja keras akan membuat hasil yang kita peroleh menjadi lebih bermakna.

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

1 Korintus 15:58

Bagikan Artikel: