Melakukan Kebaikan

Kebaikan (Yun. Agathosune), yaitu bergairah akan kebenaran dan keadilan serta membenci kejahatan; dapat terungkap dari perbuatan-perbuatan baik atau dalam menegur dan memperbaiki kejahatan. Kebaikan juga memiliki pengertian tentang budi pekerti yang ideal, dengan kebenaran yang diperlembut dengan kasih.

Kebaikan secara sederhana berarti melakukan hal menyukakan hati orang lain, juga mendisiplinkan dan menegur kesalahan jika diperlukan. Seseorang yang baik akan melakukan apa yang benar, tanpa mempedulikan reaksi orang lain. Kebaikan mengadakan perbedaan yang jelas antara orang yang benar dengan orang yang tidak benar; yang kudus dan yang cemar. Kebaikan juga berbicara tentang kekudusan Allah.

Oleh sebab itu, tetaplah hidup dalam kebaikan. Tidak berkompromi dengan segala dosa yang menyebabkan kita menodai kekudusan Allah. Latihlah untuk mendisiplinkan diri dalam melakukan kebenaran, tidak tergoda apa yang dunia tawarkan dan mampu berkata tidak pada dosa. Sehingga kita bukan hanya menjadi baik di hadapan manusia, tapi baik di hadapan Tuhan.

Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.
2 Tesalonika 3:13

Bagikan Artikel: