Manfaat Takut akan Tuhan

Takut akan Tuhan merupakan ketakutan yang kudus, di mana sikap ini adalah dampak dari pengenalan orang percaya akan Allah yang hidup. Takut akan Tuhan berarti merasa gentar atau segan terhadap Allah yang Mahatinggi, Mahakudus, Mahamulia dan Mahakuasa. Takut akan Tuhan merupakan kesadaran kita akan kekudusan, keadilan dan kebenaran-Nya sebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya. Takut akan Tuhan berarti memandang Dia dengan kekaguman dan penghormatan kudus serta menghormati-Nya sebagai Allah karena kemuliaan, kekudusan, keagungan dan kuasa-Nya yang besar. Takut akan Tuhan ini memberikan pengaruh atau manfaat yang luar biasa bagi kita orang percaya. Takut akan Tuhan adalah didikan yang mendatangkan hikmat dan kerendahan hati. Takut akan Tuhan juga merupakan permulaan dari pengetahuan, takut akan Tuhan menghindarkan seseorang dari jerat maut dan yang terakhir takut akan Tuhan memperpanjang umur.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai orang yang percaya? Apakah selama ini kita sudah sungguh-sungguh menunjukkan sikap takut akan Tuhan? Jika kita masih hidup dengan sembarangan atau tidak menaruh hormat atau segan akan Allah, artinya kita belum takut Tuhan. Apakah kita masih mengagumi seseorang atau sesuatu lebih dari Tuhan, itu pun salah satu indikasi kita tidak hidup takut akan Tuhan. Lalu apakah kita masih mengandalkan diri sendiri atau hikmat dunia, itu pun ciri dari orang yang tidak takut Tuhan. Sebab orang yang takut Tuhan akan hidup dengan benar, hidup dengan rasa kagum dan hormat kepada Tuhan melebihi apa pun yang ada di dunia ini. seseorang juga akan hidup dengan hikmat akan Allah, karena itu yang akan menuntun kita kepada kehidupan yang yang berkenan kepada Allah dan memperpanjang tahun-tahun kita di bumi.

TUHAN, Allah kita, memerintahkan kepada kita untuk melakukan segala ketetapan itu dan untuk takut akan TUHAN, Allah kita, supaya senantiasa baik keadaan kita dan supaya ia membiarkan kita hidup, seperti sekarang ini.
Ulangan 6:24

Bagikan Artikel: