Lepas dari Masa Lalu

Yefta adalah pahlawan yang gagah perkasa yang berasal dari Gilead. Ayah Yefta ialah Gilead, salah seorang dari suku Manasye yang dihormati, sementara ibunya adalah seorang sundal. Setelah beranjak besar, saudara-saudara tiri Yefta mengusirnya dari tanah keluarga mereka dan mengatakan kepada Yefta bahwa ia tidak berguna dan tidak layak tinggal di antara mereka. Lalu Yefta berdiam di tanah Tob dan hidup dengan para perampok.

Secara nalar hidup Yefta tidak mungkin dipulihkan karena latar belakang yang buruk: anak perempuan sundal, keluarga berantakan, tertolak dan terjerumus dalam pergaulan buruk. Namun bagi Tuhan tidak ada perkara mustahil karena Dialah Sang Penjunan, sanggup mengubah yang tak berarti menjadi berarti.

Sebagai orang percaya kita harus memiliki mental pahlawan, tak kenal lelah berjuang. Jangan biarkan masa lalu membelenggu hidup kita dan menghalangi langkah kita untuk maju. Jangan biarkan iblis mengintimidasi, melemahkan dan menghancurkan hidup kita. Ingatlah kita sama seperti Yefta, kita adalah pejuang-pejuang Kristus yang gagah perkasa. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran untuk hidup yang lebih baik.

Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat ditangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya Kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.
Yesaya 18:4

Bagikan Artikel: