Lambat Menghakimi

Lambat Menghakimi

Lambat Menghakimi

Mungkin kita pernah berada dalam situasi ketika orang lain melakukan kesalahan lalu kita dengan cepat menghakimi atas perilaku mereka. Namun disadari atau tidak, kita juga pernah melakukan kesalahan yang sama seperti mereka. Dan mungkin kita juga tidak menyadari bagaimana kesalnya orang-orang di sekitar atas kesalahan yang kita lakukan. Hendaknya hal ini mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki kekurangan di dalam dirinya, karena itu marilah kita membereskan hidup kita lebih dulu sebelum menghakimi orang lain.

Tidak ada seorang pun dari kita yang sempurna, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun terkadang kita cepat memberi penilaian tentang baik buruknya seseorang hanya berdasarkan apa yang kita lihat dan dengar saja. Janganlah tergesa-gesa mengarahkan jari kita kepada kesalahan orang lain dan menghakimi mereka. Karena kita juga belum tentu lebih baik dibandingkan mereka dan kita juga mempunyai dosa dan kesalahan yang harus diperbaiki terlebih dahulu. Seperti yang tertulis dalam Roma 2:1, “Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.”

Kita harus belajar introspeksi diri terlebih dahulu sebelum menyatakan kesalahan orang lain. Kita harus menyadari kesalahan yang kita perbuat terlebih dahulu, memohon pengampunan, dan berkomitmen untuk memperbaiki diri. Hendaklah kita menguatkan, menghibur, dan menegur mereka dengan kasih. Seperti juga Tuhan yang selalu setia mengingatkan atas kesalahan-kesalahan yang kerap kita lakukan. Mintalah hikmat dan kebijaksanaan kepada Tuhan supaya kita mampu memandang orang lain dengan penuh kasih seperti Tuhan memandang mereka. Lambatlah menghakimi dan berusahalah untuk mengalami pemulihan bersama-sama dengan mereka di dalam Tuhan.

“Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.”

Lukas 6:37

Bagikan Artikel:

Tags: , , ,


youtube

Motivasi Terkini
Jesus
You might also likeclose