Lakukanlah yang Baik

Kehidupan orang percaya hendaknya selalu mencari kebaikan dan juga setia melakukannya. Terkadang melakukan sesuatu yang baik bagi sebagian orang masih merupakan hal yang sulit. Namun Tuhan menghendaki agar orang-orang percaya tidak hanya mengenal dan percaya kepada-Nya, tetapi juga melakukan apa yang baik untuk orang lain di sekitarnya. Pencapaian di dalam hidup ini tidak hanya tentang materi dan prestasi tetapi juga pencapaian dalam iman, dengan menunjukkan ketaatan pada Allah dan perbuatan baik pada orang lain. Tuhan menyertai orang-orang yang berlaku benar dan menjaga ucapan dan perbuatannya dari yang jahat. “Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya! (Mzm. 34:14-15)”

Berusahalah berbuat baik. Lakukan pekerjaan yang berkenan di hadapan Tuhan. Memang sangat besar godaan untuk menyimpang, ada banyak kesempatan untuk berlaku curang, mengorbankan orang lain untuk kepentingan pribadi, dan memutarbalikkan kebenaran Tuhan untuk mencapai tujuan. Namun disitulah iman dan kesetiaan kita diuji, dan kita harus tahan uji. Mungkin sebagian orang menganggap bisa luput dari pandangan Tuhan ketika mereka melakukan hal yang jahat. Namun mata Tuhan ada di segala tempat, melihat semua yang terjadi di segala tempat, dan memperhatikan semua yang baik dan yang jahat.

Perbuatan baik yang kita tabur akan mendatangkan berkat dalam hidup kita suatu hari nanti. Allah senang jika kita melibatkan-Nya dalam setiap rencana dan aktivitas. Ia akan lebih senang jika kita melibatkan-Nya dalam pekerjaan-pekerjaan baik yang sesuai dengan kehendak-Nya. Bekerja di jalan Tuhan bukanlah sebuah kesia-siaan. Tuhan memperhitungkan setiap pekerjaan kita, Ia memperhatikan jerih payah dan kesetiaan kita. “Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu (Mzm. 37:3-4).” Tuhan menyediakan upah yang layak atas setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan.

Amos 5:14

Bagikan Artikel: