Kuasa Tuhan Melampaui Kelemahan

Melampaui Kelemahan
Melampaui Kelemahan

Berang-berang mampu membangun bendungan sebagai tempat tinggal mereka dan pelindung dari pemangsa. Tidak tanggung-tanggung, bendungan yang pernah dibangun membentang sepanjang 850 meter atau seluas delapan kali lapangan sepak bola dan terlihat dari satelit NASA di luar angkasa. Bendungan berang-berang terbesar di dunia ini dibangun selama 20 tahun secara turun-temurun dan berada di wilayah terpencil di Kanada. Mereka memanfaatkan pohon tumbang, lumpur dan batu, dan mengumpulkan ranting untuk membangun bendungan. Keluarga berang-berang tinggal di pondok-pondok di dalam bendungan dan terus-menerus sibuk menambah dan memperbaiki rumahnya. Berang-berang memang tidak setangguh rajawali dan tidak pula secerdas lumba-lumba, namun hasil pekerjaan mereka dapat membuat kita takjub.

Semua orang memiliki kelemahan. Bisa dalam hal keterbasan fisik, seperti cacat tubuh, penyakit kronis, atau tenaga yang memang lemah. Bisa dalam hal keterbatasan emosional, seperti luka trauma, kenangan menyakitkan, keanehan kepribadian, atau sebuah karakter bawaan. Bisa juga dalam hal keterbatasan talenta atau intelektual. Tuhan mengijinkan kelemahan dalam hidup kita untuk menjauhkan kita dari keangkuhan dan memaksa kita bergantung kepada Tuhan.

Dalam 1 Korintus 1:28 dikatakan, “Dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti.” Kuasa Tuhan tidak pernah dibatasi oleh kelemahan-kelemahan kita. Tuhan akan memakai kita jika kita membiarkan-Nya bekerja melalui semua kekurangan kita. Langkah pertama adalah mengakui kelemahan kita. Kemudian bawa semua pada-Nya dan bersandarlah pada-Nya. Semakin kita mengutamakan Tuhan dalam segala hal, maka kuasa Tuhan akan semakin nyata dalam segala hal.

Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat.

1 Korintus 1:27

Bagikan Artikel: