Kita adalah Gereja

Kita adalah Gereja
Kita adalah Gereja

Keberadaan gereja lebih ditentukan oleh orang-orang yang hidup atas dasar pengakuan iman pada Tuhan. Gereja bukan hanya persekutuan yang dipersatukan oleh sebuah bangunan tapi persekutuan yang dipersatukan oleh Tuhan. Karena gereja adalah bentukan Tuhan yang bukan mengenai gedungnya, maka gereja dapat dibentuk di mana saja. Ini adalah kekuatan dan semangat kita sebagai orang Kristen yang dipersatukan oleh Tuhan.

Selama iman kita pada Yesus tetap teguh gereja dalam artian yang sebenarnya tidak akan bisa dihancurkan. Meskipun para tokohnya dibunuh, gedungnya dibakar, kegiatannya dilarang, ruang gerak dan izin pendiriannya dibatasi, gereja tetap harus menjadi besar, meluas, dan menyebar melakukan tugas panggilannya. Karena Tuhan yang membentuknya jadi tidak ada satu kuasa pun di bumi ini yang bisa menghancurkannya.

Gereja adalah umat Allah yang dibimbing oleh Roh Kudus dan dipersatukan menjadi satu tubuh di dalam Kristus. Pengikut Yesus di seluruh dunia adalah satu kesatuan di dalam tubuh Kristus, yang bekerja sama menjalankan amanat-Nya. Bukan untuk saling beradu melainkan untuk saling membantu. Gereja harus menarik orang keluar dari dosa dan mengubah mereka di dalam kebenaran dan kasih. Gereja dipakai Tuhan untuk menyatakan kebenaran dan kemuliaan Tuhan, serta melakukan pekerjaan baik yang sudah dipersiapkan-Nya. Sebagai gereja, tugas kita adalah menjalankan panggilan Allah dan hidup di dalam-Nya.

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

1 Korintus 3:16

Bagikan Artikel: