Keselamatan Universal

Meskipun berkat keselamatan ditawarkan secara universal namun tidak semua orang yang ada di dunia akan diselamatkan. Seperti yang tertulis di dalam Injil Matius bahwa banyak yang terpanggil tetapi sedikit yang terpilih. Hanya orang-orang pilihan (orang-orang yang dipilih Allah untuk diselamatkan) saja yang akan selamat. Keselamatan adalah anugerah Allah bagi manusia dan manusia tidak perlu melakukan suatu pekerjaan agar memperoleh keselamatan itu. Manusia hanya perlu percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Jadi keselamatan yang ada dalam Yesus Kristus adalah berkat dari Allah. Dan inilah berkat terbesar yang Tuhan beri kepada manusia.

Jadi meskipun keselamatan diberikan secara universal, keselamatan tidak langsung dapat diterima juga secara universal. Kita perlu merespon keselamatan yang sudah Tuhan anugerahkan tersebut. Itulah sebabnya di dalam Injil Yohanes dikatakan bahwa “supaya barangsiapa yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan memperoleh hidupnya kekal” dan dikatakan juga bahwa “banyak yang terpanggil tetapi sedikit yang terpilih”. Karena itu pastikan diri kita masuk dalam bagian orang-orang yang percaya kepada-Nya dan terpilih untuk menerima kehidupan kekal yang sudah Tuhan janjikan kepada setiap kita yang percaya kepada-Nya.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Yohanes 3:16 (TB)

Bagikan Artikel: