Kesamaan dalam Hal Rohani

Sebagai manusia yang diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, karena itu manusia memiliki kesamaan-kesamaan dengan Allah. Salah satu dalam kesamaan rohani. Allah adalah Roh, jiwa manusia adalah roh juga. Sifat-sifat hakiki dari roh ialah akal budi, hati nurani, dan kehendak. Roh adalah unsur yang mampu bernalar, bersifat nalar, bersifat moral dan berkehendak bebas. Ketika Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, Allah menganugerahkan kepadanya sifat-sifat yang dimilikinya sebagai roh. Ini jugalah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya yang mendiami bumi ini, serta berkedudukan jauh lebih tinggi dari semua makhluk yang ada. Kesamaan sifat antara Allah dan manusia, juga merupakan keadaan yang diperlukan untuk mengenal Allah dan merupakan dasar dari kesalehan kita. Jika kita tidak diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, maka kita tidak dapat mengenal Allah. Manusia juga diberikan kemampuan intelektual yang tinggi, hal itu tersirat ketika Allah memerintahkan manusia untuk mengusahakan taman Eden, untuk menguasai bumi dan segala isinya dan juga manusia memberikan nama kepada seluruh binatang di bumi.

Sebagai makhluk yang diciptakan serupa dan segambar dengan Allah dalam hal rohani, seharusnya kita sungguh-sungguh untuk mengenal Allah yang telah menyatakan diri-Nya kepada kita, sehingga kita memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan. Sebagai mahluk yang derajatnya lebih tinggi dari mahkluk yang lain dan memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, seharusnya kita mempergunakan semua itu untuk memenuhi rencana Tuhan dalam hidup kita. Sehingga tujuan Allah menciptakan manusia serupa dan segambar dengan Allah terwujud lewat kehidupan kita.

dan telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya.
Kolose 3:10

Bagikan Artikel: