Kesamaan Dalam Hal Moral

Kesamaan lain ketika manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah adalah kesamaan dalam hal moral. Kesamaan moral artinya manusia dilengkapi dengan kebenaran dan kekudusan. Kebenaran dan kekudusan bukan sesuatu yang ditambahkan kepada manusia, melainkan sesuatu yang sudah ada dan melekat di dalam diri manusia ketika Allah menciptakan serupa dan segambar dengan-Nya. Kekudusan ini bukanlah sekedar keadaan tidak berdosa, melainkan manusia diciptakan dalam keadaan yang tidak berdosa secara negatif, melainkan sebagai makhluk yang kudus secara positif. Kekudusan mula-mula ini dapat diartikan sebagai kecenderungan kasih sayang dan kehendak manusia ke arah pengetahuan rohani tentang Allah dan hal-hal yang berhubungan dengan Allah. Hanya dengan dasar kebenaran dan kekudusan inilah manusia dapat bersekutu dengan Allah. Ketika manusia jatuh dalam dosa kebenaran dan kekudusan manusia menjadi rusak, namun lewat kematian Yesus di atas kayu salib, kebenaran dan kekudusan manusia dipulihkan secara utuh dan manusia menjadi seperti semula.

Kesamaan dalam hal moral inilah yang membawa manusia dapat bersekutu dengan Allah. Bahkan ketika manusia jatuh di dalam dosa pun, Allah sendiri juga yang mengambil inisiatif untuk memulihkan keadaan kita. Karena itu mari kebenaran dan kekudusan yang telah allah berikan kita gunakan untuk melayani Dia. Mempersembahkan kebenaran dan kekudusan hidup kita sebagai sebuah persembahan yang harum dan berkenan dan yang menyenangkan hati Allah. Sebab hanya itulah persembahan sejati kita kepada-Nya.

Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
Efesus 4:24

Bagikan Artikel: