Kemurahan Hati

Kebanyakan orang berpikir bahwa kemurahan hati itu sama dengan royal alias suka bersedekah, tidak pelit dalam memberi. Itu memang bentuk dari murah hati, tetapi murah hati tidaklah secara sempit berbicara hanya mengenai memberi dalam bentuk material saja. Kemurahan (Yun. Crestotes), yaitu melukiskan konsep tentang sikap yang enak, tidak menyulitkan dan tidak keras; tidak mau menyakiti orang lain atau menyebabkan penderitaan untuk orang lain.

Kemurahan hati seumpama seorang ibu yang mengasuh dan merawat anaknya. Kemurahan hati terpancar dalam diri orang percaya ketika ia mampu bersikap ramah terhadap orang lain, dan mempedulikan orang-orang yang berada di sekelilingnya. Oleh karena itu latihlah dan mulailah untuk memperhatikan orang-orang yang ada di sekitar kita, jadilah pribadi yang generous bagi mereka. Kembangkan sikap ini terus-menerus dan jadikan sebagai gaya hidup.

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.
Efesus 4:32

Bagikan Artikel: