Kelembutan Mengalahkan Kekerasan

Sekitar tiga bulan yang lalu, air mancur dibangun di tengah taman kota. Kolam air mancur dikelilingi bebatuan warna-warni. Ketika kembali untuk mengunjungi taman setelah beberapa bulan, telihat bebatuan mulai retak serta berlobang. Menurut petugas taman, berlobangnya bebatuan disebabkan oleh tetesan air mancur.

Kita tahu bahwa batu sangatlah keras. Dan untuk menghancurkannya dibutuhkan benda yang jauh lebih keras daripada batu itu. Namun air hanya membutuhkan kelembutan untuk melobangi batu. Air memang terlihat sangat lemah, tapi sesungguhnya memiliki kekuatan yang luar biasa.

Begitu juga yang harus kita perbuat ketika menghadapi orang-orang yang berkeras hati. Kita tidak bisa menghadapinya dengan kekerasan. Hal itu hanya akan membuat hubungan kita hancur atau bahkan menimbulkan masalah baru.

Jadilah pribadi yang lemah lembut seperti air. Kita mungkin dianggap tidak berdaya. Namun dengan kelemahlembutan, hati yang sekeras batupun bisa kita hancurkan. Kasih itu lemah lembut. Dan dengan kasihlah kita bisa mengubah kehidupan orang lain.

dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,

2 Timotius 2:25

Bagikan Artikel: