Kekuatan di Balik Pujian

Kekuatan di Balik Pujian
Kekuatan di Balik Pujian

When peace, like a river, attendeth my way, When sorrows like sea billows roll, Whatever my lot, Thou has taught me to say, It is well, it is well, with my soul.

Lagu It is well with my soul merupakan salah satu lagu dengan syair yang begitu menyentuh dan menenangkan jiwa. It is well with my soul ditulis oleh Horatio Spafford. Di balik lagu tersebut tersimpan suatu kisah yang kelam. Horatio G. Spafford adalah seorang pengusaha sukses yang juga adalah pengacara di Chicago. Horatio mempunyai seorang istri, Anna Spafford, dan 5 orang anak. Keluarga Spafford merupakan salah satu keluarga yang terpandang di Chicago. Hidupnya dipenuhi kelimpahan namun keluarga Spafford sangat aktif dan tidak lupa ikut serta dalam kegiatan gereja sebagai seorang jemaat setia Presbysterian.

Namun tidak ada manusia yang mengalami perjalanan hidup yang mulus seumur hidupnya. Begitu pula dengan Horatio dan keluarganya. Pada tahun 1870 putra satu-satunya, yang masih berusia 4 tahun meninggal akibat demam berdarah. Tahun 1871 terjadi sebuah kebakaran besar di Chicago yang menghabiskan semua aset-aset real estate-nya sehingga perusahaannya mengalami kebangkrutan Ia berusaha bangkit membangun usahanya lagi dan ketika keadaan kembali membaik, ia memutuskan untuk berlibur ke Eropa bersama keluarganya. Ia hendak menyusul istri dan anak-anaknya karena tugas mendadak lalu mendapat kabar bahwa kapal yang mereka tumpangi mengalami tragedi dan tenggelam bersama keempat anaknya dan hanya istrinya yang selamat.

Apakah kita bisa membayangkan betapa malang kehidupannya dan betapa hampir semua yang ia miliki dan cintai direnggut darinya? Dalam keadaan hati yang hancur, Horatio menulis pada secarik kertas, “It is well, the will of God be done.” (Hal ini baik, kehendak Tuhan, terjadilah). Horatio kemudian menulis hymne “It is well with my soul” yang jika diterjemahkan: Jiwaku sanggup menerima (cobaan ini) atau dalam terjemahan bebas: Jiwaku baik-baik saja (walau didera penderitaan). Apapun cobaan yang kita hadapi saat ini, seberat apapun itu, Tuhan akan selalu menyertai kita. Kita hanya perlu percaya dan berserah penuh kepada Tuhan bahwa semuanya akan baik-baik saja dan Tuhan akan senantiasa memberikan jalan keluar dan penghargaan kepada siapapun yang tahan uji.

Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN!

Mazmur 31:24

Bagikan Artikel: