Kasih

Sasaran utama hidup orang Kristen ialah menjadi sama seperti Kristus. Kristus adalah teladan sempurna untuk orang yang benar-benar mau memenuhi syarat untuk hidup menyenangkan hati Allah dalam segala sesuatu yang diperbuatnya. Karena itu untuk mengenal lebih dalam tentang Kristus kita harus mengenal sifat-sifat dan karakter-Nya, agar kita semakin hari kita menjadi sama seperti Kristus. Salah satu sifat dan karakter Kristus adalah kasih. Beberapa definisi kasih menurut Alkitab, yaitu: pertama, kasih Eros. Kasih eros adalah ikatan kasih yang terjalin antara laki-laki dan perempuan atau pasangan kekasih. Kedua, kasih Storge. Kasih yang terjalin karena ikatan persaudaraan. Ketiga, kasih Philia. Kasih yang terjalin karena ikatan persahabatan. Keempat, kasih Agape. Kasih agape adalah kasih yang tulus tanpa pamrih. Kasih Agape inilah yang seringkali dipakai untuk menggambarkan kasih Allah kepada kita, umat manusia. Kasih Agape menggambarkan kasih yang rela berkorban, memberi tanpa pamrih, tanpa mengharapkan balasan. Kasih agape ini sifatnya “walaupun” atau “meskipun” bukan “karena.” Kasih agape adalah kasih yang sempurna, kekal dan menyelamatkan.

Setiap kita pasti sudah mengalami kasih Tuhan yang sempurna atau yang biasa disebut dengan kasih Agape. Sebagai orang yang telah menerima dan merasakan kasih itu mari kita juga belajar untuk mengasihi orang lain dengan kasih yang sama. Meskipun tidak sesempurna yang dilakukan oleh Allah kepada kita, setidaknya kita telah berusaha untuk memiliki kasih yang sempurna seperti yang telah diteladankan-Nya.

Kasih begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Yohanes 3:16

Bagikan Artikel: