Kasih itu Mengekang Diri

Kasih dapat kita kelompokan dalam dua kategori, yang pertama adalah kasih itu mempunyai aspek mengekang diri. Ketika berbicara tentang kasih kita belajar dari firman Tuhan yang mengatakan bahwa kasih itu sabar, tidak cemburu, tidak memegahkan diri, tidak sombong, tidak melakukan yang tidak sopan atau tidak kasar, tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemarah, tidak bersukacita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran, tidak menyimpan kesalahan orang lain, dan sabar menanggung segala sesuatu. Semua kata-kata yang digunakan mengacu pada satu konsep yang serupa akarnya, yaitu mengekang diri. Jadi, kasih membuat manusia membatasi dirinya, kasih membatasi tindakan kita yang seharusnya agresif menjadi tidak agresif. Tidak cemburu artinya seolah-olah kita mau menuntut sesuatu yang seharusnya menjadi milik kita, kita mau menguasai sesuatu yang baik, yang indah, dan yang menyenangkan buat kita. Tapi kasih berhasil membatasi diri sehingga kita tidak menguasai orang. Jadi, kasih mempunyai unsur mengekang diri.

Jadi ketika kita berkata bahwa kita adalah orang percaya yang hidup dalam kasih. Sudahkah kita mampu mengekang diri kita?, sudahkah tidak menahan rasa cemburu, menjadi orang yang tidak sombong, menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak sopan atau kita mampu bersabar dalam menghadapi segala sesuatu?. Jika belum mari kita bersama-sama mulai hidup dalam kasih yang sesungguhnya, kasih yang mampu mengekang diri terhadap hal-hal yang tidak berkenan di hadapan Allah. Allah adalah kasih itulah sebabnya kita juga harus hidup dalam kasih.

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.  Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
Korintus 13:4-7 (TB)

Bagikan Artikel: