Jangan Tidur, Ada Ujian!

Hidup dalam lingkungan yang damai dan nyaman adalah impian semua orang. Namun kehidupan seperti itu seperti sebuah tanaman yang tumbuh di botol kaca, membuatnya tidak dapat tumbuh lebih besar. Sebaliknya keadaan-keadaan sulit pun tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Tetapi kita harus menyadari bahwa seringkali keadaan-keadaan tidak enak ini adalah sebuah kesempatan kita untuk mendewasakan karakter rohani kita. Sebuah peribahasa mengatakan bahwa sebatang pohon tidak dapat berdiri dengan kokoh apabila tidak pernah digoncang angin. Akar iman kita tidak akan kuat bila tidak diuji dengan badai.

Karena itu sebagai orang percaya kita harus bertahan menghadapi ujian dan percobaan yang Tuhan izinkan datang dalam hidup kita. Di masa ujian itu, iman kita didewasakan, karakter kita dibentuk dan iman kita dimurnikan. Dan jika kita berada pada masa atau saat-saat yang nyaman dalam hidup kita, kita tidak menjadi terlena dan tertidur dalam iman. Namun kita terus melatih dan mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.

Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu—yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api—sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.
1 Petrus 1:7

Bagikan Artikel: